Partisipasi masyarakat dalam pembangunan akan tumbuh dengan sendirinya dengan syarat jika pihak pemerintah menjamin apa yang disampaikan kian transparan dan akuntabel disamping itu mereka dalam mengakses informasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah kata Bupati Pacitan Indartato saat membuka Lokakarya Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat ( LAPOR) di Gedung Karya Dharma Kamis s/d Jum’at 30-31 Maret 2017
Kegiatan ini didukung oleh KOMPAK mendatangkan dengan nara sumber:
1. Wahyu Kuncoro dari Komisi Informasi Provinsi JawaTimur
2. Koesnandoko Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro
3. Agus Sarwo Edhi Provincial Manager KOMPAK Jawa Timur
Peserta lokakarya terdiri dari Dinas KOMINFO Kabupaten Trenggalek, OPD, Camat, tokoh pendidikan, PPID Desa, juga Puskesmas binaan Kompak dari Kecamatan Tulakan dan Tegalombo
Tuntutan transparansi tidak cukup di bidang informasi saja, tetapi juga mengarah pada pelayanan publik lainnya.
Dengan dibentuknya Dinas Kominfo semua urusan yang tadinya menyebar sudah merapat jadi urusan satu organisasi perangkat daerah sehingga dalam menjalankan fungsi layanan informasi publik diharapkan akan lebih optimal.
KOMPAK dalam hal ini mengawal mekanisme pengaduan LAPOR mencoba lebih memperdayakan kelembaggaan maupun kompetensi aparat pengelolanya. Kegiatan Lokakarya ini juga ingin mencari model mekanisme pengaduan yang tepat dalam melayani masyarakat terutama pada kelompok miskin, rentan dan keterbatasan.
KOMPAK juga melihat peluang bahwa Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat ( LAPOR) dapat seiring sinergis dengan layanan informasi publik pada PPID dalam membangun transparansi yang telah digariskan oleh Pemerintah seiring dengan upaya penerapan e-Goverment, pelaporan kinerja dan open manajemen. (Sug/Ryt/Ag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *